business

Komponen-Komponen Elektronika



1.DIODA
                              
Fungsi paling umum dari diode adalah untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah (disebut kondisi panjar maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebutkondisipanjarmundur).Karenanya, diode dapat dianggap sebagai versi elektronik dari katup pada transmisi cairan.
        
2.DIODA  ZENER
              
Fungsi utamanya adalah untuk menstabilkan tegangan. Pada saat disambungkan secara parallel dengan sebuah sumber tegangan yang berubah-ubah yang dipasang sehingga mencatu-balik, sebuah diode Zener akan bertingkah seperti sebuah kortsleting (hubungansingkat) saat tegangan mencapai tegangan tembus diode tersebut. Hasilnya, tegangan akan dibatasi sampai ke sebuah angka yang telah ditetapkan sebelumnya.

a. Variabel Kapasitor (Varco)
kapasitor ini menggunakan udara sebagai dielektrikum dan digunakan sebagai tuning atau mencari gelombang radio.

GambarKomponendanSimbolVariabelKapasitor (Varco)



b. Kapasitor Kramik
Kapasitorinimenggunakandielektrumkramikdanmerupakancampuran titanium-oksidadanoksida lain. Kekuatandielektrumnyatinggidanmempunyaikapasitasbesarsekalidalamukurankecil.

GambarKomponendanSimbolKapasitorKramik


c. Kapasitor Kertas
Kapasitor ini mempunyai dielektrikum kertas dengan laisan kertas setebal 0,05-0,02 mm antara dua lembar kertas aluminium dan dilapisi minyak mineral untuk memperbesar kapasitas dan keuatan dielektrikumnya.

GambarKomponendanSimbolKapasitorKertas


d. Kapasitor  Mika
Mempunyai elektroda logam dan lapisan dielektrum dari Polisterinemy lardantetion 0,0064 mm dan digunakan untuk koreksi factor daya pada ujivisiniklir.

GambarKomponendanSimbolKapasitor Mika



e. KapasitorElektrilot
Mempunyai dielektrik oksida aluminium dan sebuah elektrolit sebagai elektroda negatif, dalam rangkaian elektronika digunakan sebagai perata denyut arus listrik.


Kondensator polyester
Pada dasarnya sama saja dengan kondensator keramik begitu juga cara menghitung nilainya. Bentuknya persegi empat seperti permen. Biasanya mempunyai warna merah, hijau, coklat dan sebagainya.

Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat di setel. Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser), potensiometer berperan sebagai resistor variable atau Rheostat. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser, misalnya sebagai sensor joystick.

Komponen-Komponen Elektronika Komponen-Komponen Elektronika Reviewed by Mohammad Husnul Aidin on 11:39 Rating: 5

No comments:

grids